28 MAKANAN KHAS JEMBER

Pecel Gudeg


pecel_gudeg
Instagram by @rickxs_

Makanan khas Jember Jawa Timur ini cukup unik karena merupakan kolaborasi antara nasi pecel dengan gudeg, cecek, potongan daging, rempeyek, kacang panjang, dan sambal pecel yang khas. Gudeg yang merupakan makanan khas Yogyakarta berpadu dengan pecel yang menjadi makanan khas wilayah Jawatimuran. Satu porsi pecel gudeg disajikan bersama dengan lauk yang dapat kamu pilih sendiri sesuai dengan selera. Soal harga, tergantung dari jenis lauk yang kamu tambahakan, semakin banyak lauknya maka harganya akan semakin mahal. Pecel gudeg ini dapat dengan mudah kamu temukan di setiap warung makan yang ada di Jember.

Pecel Pincuk Garahan


pecel_pincuk_garahan
Instagram by @kuliner_khasindonesia

Olahan makanan berjenis Jember satu lagi adalah pecel pincuk garahan. Pecel pincuk garahan mempunyai keunikan tersendiri karena wadah atau tempat yang digunakan untuk menyajikan makanan ini menggunakan daun pisang. Rasa masakan pecel pincuk dominan pedas yang berasal dari kuah sambal kacang yang disiram di atas bahannya, berbeda dengan pecel pada umumnya yang relatif mempunyai rasa gurih. Pecel pincuk garahan ini juga sedikit asam jika dirasakan. Bumbu sambal kacang dalam pecel pincuk garahan juga tidak sehalus bumbu pecel pada umumnya, bahkan kacang yang dipakai dalam bumbu kacang masih sangat terasa. Tambahan lain yang disajikan dalam satu porsi pecel pincuk garahan diantaranya adalah tauge dan sayur gundo. Setelah mencobanya, pasti kamu akan bisa membedakan rasa dari pecel biasa dan pencel pincuk garahan.

Suwar Suwir


suwar_suwir
Instagram by @grandindo

Makanan khas Jember suwar suwir bisa kamu jadikan oleh oleh setelah berkunjung ke Jember yang diberikan ke sanak saudara atau teman teman. Meskipun namanya tidak setenar pecel yang merupakan makanan ciri khas Jember, namun suwar suwir ini tetap cocok kamu jadikan buah tangan. Suwar suwir merupakan sajian kuliner yang dibuat dari tape yang sudah diproses dengan cara khusus dan bertekstur sedikit keras meskipun tampilannya mirip dodol. Suwar suwir dibuat dari tape singkong yang dicampur dengan gula. Awalnya, suwar suwir hanya mempunyai satu rasa, yaitu rasa sirsak. Namun, seiring perkembangan jaman dan meningkatnya permintaan, suwar suwir sudah diinovasikan dengan berbagai rasa, seperti kacang, susu, strawberry, dan bahkan rasa coklat.

Prol Tape


prol_tape
Instagram by @a.l.f.a.n.s

Oleh oleh makanan khas Jember bernama prol tape adalah kudapan yang dibuat dari tape yang diinovasikan oleh masyarakat Jember. Saat ini, prol tape terdiri dari rasa coklat, kismis, keju, dan original. Prol tape pas disajikan saat kamu sedang berkumpul dengan keluarga. Bahan yang digunakan dalam membuat prol tape diantaranya tepung terigu, tape singkong, susu, margarin, dan juga telur. Rasa khas prol tape adalah perpaduan antara manis, kecut, dan gurih.

Pia Tape


pia_tape
Instagram by @neevanodra

Makanan ciri khas Jember selanjutnya adalah pia tape. Lagi lagi berbahan dasar tape yang menjadi ciri khas sajian kuliner Jember. Pia tape mempunyai beragam varian rasa mulai dari rasa keju, rasa coklat, rasa pisang, rasa strawberry, sampai dengan rasa blueberry. Pia ini mempunyai tekstur sedikit keras pada bagian kulitnya namun lembut didalam. Warnanya coklat kekuningan dengan rasa manis dari tape keluar saat digigit. Pia tape sangat cocok dijadikan oleh oleh khas Jember setelah kamu puas berkeliling dan menjelajah wilayah Jember. Selain kemasannya modern, simpel, dan mudah dibawa, pia tape ini mampu bertahan selama beberapa hari sehingga tidak mudah busuk.


Mie Rama


mie_rama
Instagram by @soerianto

Mie rama dijual di resto mie rama yang terletak di Jalan Diponegoro Nomor 28, Jember. Meskipun dari luar resto ini terlihat sangat sederhana dengan nuansa vintage tempo dulu yang sangat kental, namun rasa dari sajian olahan mienya sangatlah menggoda. Resto mie ini buka mulai sore hingga malam hari sampai porsi mie dalam sehari habis. Beberapa menu dari resto mie rama adalah mi pangsit ayam, pangsit kuah, yong tahu (tahu isi daging), bakwan, dan beberapa menu lainnya yang tidak kalah enak.

Martabak dan Terang Bulan King


martabak_terangbulan_king
Instagram by @reniwidiastutii

Martabak dan terang bulan King sangat cocok bagi kamu pecinta makanan manis. Berbagai varian rasa dan topping disajikan di martabak terenak dan terkenal di Jember ini. Kamu rugi jika ke Jember tidak sempat merasakan sajian martabak dan terang bulan dari King ini. Martabak dan terang bulan King dapat kamu temui di Jalan Karimata Nomor 50 tepatnya samping Hotel Royal, Jember. Buka mulai jam 3 sore sampai jam 10 malam.

Roti bakar Tjiliwoeng Jember


roti_bakar_tjiliwoeng
Instagram by @deeyanrah

Roti bakar tjiliwoeng ini merupakan tempat makan yang enak dijadikan tempat bersantai dengan teman maupun keluarga. Lokasinya sangat strategis berada di tengah Kota Jember. Kedai ini banyak menyediakan pilihan menu yang enak dan lezat olahan roti bakar. Alamat roti bakar tjiliwoeng ini berada di Jalan Ciliwung Nomor 11, Jember.

Angkringan Joglo 130 Jember


angkringa_joglo_130
Instagram by @leonyvh

Makanan khas Jember murah dapat kamu temukan di Angkringan Joglo 130 Jember. Berlokasi di Jalan Letjen Panjaitan Nomor 130, Sumbersari, Jember dan buka mulai pukul 12 siang sampai 11 malam. Layaknya angkringan di daerah lain, angkringan ini menyediakan menu khas angkringan berupa nasi kucing, ketan bubuk, tempe dan tahu bacem, telur puyuh, gorengan dan beraneka macam minuman seperti kopi hitam, kopi susu, teh nasgitel, bir jawa, dan wedang angjo khas Jember yang nikmat disantap saat cuaca sedang dingin dinginnya. Jangan khawatir soal harga karena kesemua menunya sangatlah murah.

Ice Cream Domino


ice_cream_domino
Instagram by @andreyongz

Penggemar es krim wajib mampir kesini nih, yaitu Depot Ice Cream Domino yang terletak di Jalan Trunojoyo Nomor 40, Jember. Jam buka mulai pukul setengah 10 pagi sampai dengan pukul 3 sore lalu buka lagi mulai pukul 5 sore sampai dengan pukul 9 malam. Depot ice cream domino ini sangatlah legendaris karena sudah buka selama kurang lebih 50 tahun dan dikelola oleh tiga generasi. Es krim yang disajikan bermacam macam, ada rasa coklat, vanilla, strawbery, mocca, rainbow, dan masih banyak lagi hingga 40 rasa.

Soto Ayam Dahlok


soto_dah_lok
Instagram by @sugilang

Soto ayam dahlok merupakan sajian kuliner legendaris di Jember karena sudah terkenal dan berdiri sejak tahun 1958. Nama dahlok diambil dari lokasi kedai soto ini yang persis berada di belakang apotek Dahlok, namun sekarang apotek tersebut sudah tutup. Soto dahlok disajikan dalam tiga macam masakan, yaitu soto biasa, soto istimewa, dan soto jeroan. Satu porsi soto ayam dahlok hanya dibanderol dengan harga 10 ribu rupiah saja. Lokasinya ada di Jalan Fatahillah Nomor 1, Jember.


Bakso Kabut


bakso_berkabut
Instagram by @ernapur.erna

Namanya saja unik apalagi rasanya. Bakso kabut ini merupakan bakso telur dimana jika biasanya sajian bakso berisi telur, sedangkan bakso kabut ini dibalik karena ada telur yang melapisi bakso. Rasanya sangat nikmat dan beda dengan bakso telur lainnya. Satu porsi bakso kabut sangatlah murah karena harganya berkisar 5 sampai 15 ribu rupiah saja. Bakso kabut dapat kamu temui di Jalan Rasamala Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa, Jember.

Ayam Panggang Sari Jaya


ayam_panggang
Instagram by @voilajogja

Penjual masakan ini berada di Jalan Rasa Sultan Agung Nomor 124 yang dulunya bernama rumah makan Cheong On. Ayam panggang sari jaya merupakan menu andalan di resto ini yang diolah dengan cara dibakar atau dipanggang dengan tambahan bumbu kecap yang menggugah selera.

Nasi Langgi


nasi_langgi
Instagram by @kulinerjogya

Makanan khas Kota Jember Jawa Timur selanjutnya adalah nasi langgi yang berisi nasi, daging sapi bumbu bali, sambal goreng teme, sambal goreng kentang, petis, telur asin, abon sapi, mentimun, dan ditambah dengan sambal. Nasi langgi akan dengan mudah kamu temui di seluruh penjuru Kota Jember.

Ikan Wader


ikan_wader
Instagram by @reeaddict

Makanan ini sangat lezat apalagi disantap dengan sambalnya. Bumbu racikannya juga meresap sempurna sehingga membuat siapapun yang memakannya tidak akan pernah bisa berhenti dan akan selalu nambah lagi dan lagi. Ikan wader biasanya disajikan bersama dengan sepiring nasi putih, sambal, lalapan. Hmm.. apalagi ditambah dengan segelas es teh di siang hari, pasti rasanya sangatlah mantap.

Wedang Cor


wedang_cor
Instagram by @hadi_poo

Minuman khas Jember ini sangat terkenal di kalangan warga asli Jember. Rasanya perpaduan antara asem, manis, dan hangat. Wedang cor biasanya disajikan bersama dengan pisang goreng, tahu isi, dan gorengan lainnya. Wedang cor terbuat dari campuran beberapa bahan diantaranya susu kental manis, tape singkong atau tape ketan hitam ditambah dengan jahe dan air hangat.

Bebek Goreng Haji Slamet


bebek_goreng_haji_slamet
Instagram by @andrian_tan85

Menu yang disajikan di rumah makan Haji Slamet adalah bebek goreng seperti namanya, meskipun begitu ada juga menu ayam. Bebek goreng disini bumbunya sangat meresap dengan tesktur daging yang lunak, gurih, dan bau khas dari bebek bisa benar benar hilang. Bebek goreng Haji Slamet biasanya disajikan bersama dengan sambal korek yang pedas.

Martabak Malabar


martabak_malabar
Instagram by @cenjkt

Keunikan dari martabak malabar Jember ini terletak pada isiannya yang memakai daging kambing dan rasa rempah rempahnya yang sangat khas. Martabak malabar ini mempunyai kulit yang tipis serta daging yang empuk dan tidak amis, sehingga membuat martabak malabar ini menjadi salah satu martabak yang paling laris di Kota Jember. Jika kamu kebetulan tidak sengaja mencium aroma dari martabak malabar ini, dijamin pasti kamu akan langsung menelan ludah dan tidak sabar untuk mencobanya. Martabak malabar bisa kamu temukan di pertigaan Jalan Trunojoyo, Jember.

Jenang Waluh


jenang_waluh
Instagram by @donnahealthysnack

Makanan khas Jember berikutnya ada jenang waluh. Jenang waluh memakai daging buah labu kuning atau disebut juga dengan waluh. Makanan ini biasa disajikan bersama dengan olahan dari ketan yang dicampur dengan kelapa tua yang diolah menjadi uli. Rasanya sangat enak dan recommended untuk dicicipi. Paduan antara aroma dan rasanya sangat pas dan mantap. Rugi jika kamu berkunjung ke Jember dan tidak sempat mencicipi sajian kuliner jenang waluh ini.

Rujak Cingur


rujak_cingur
Instagram by @lilik.suharmawati

Resep makanan khas Jember rujak cingur dapat dengan mudah kamu temukan melalui mesin pencarian google. Makanan tradisional Jawa Timur ini berbahan dasar cingur atau mulut dan hidung sapi. Kebayang nggak sih rasanya? Tapi setelah dicampur dengan bumbu kamu tidak akan menyangka bahwa yang dimasak adalah mulut dan hidung sapi.


Cake Edamame


coklat_edamame
Instagram by @jamilil_arkhaminingrum

Sajian kuliner berjenis kue ini baru saja launcing varian baru yaitu rasa keju, almond, kismis, dan juga coklat. Cake edamame dapat kamu temukan di Toko Kue yang terletak di Jalan Trunojoyo Gang V, Jember dekat dengan Toko Buku Gramedia. Warna dasar cake ini adalah hijau layaknya edamame asli yang bisa dimakan setelah direbus terlebih dulu.

Brownies Tape


brownies_tape
Instagram by @puspa5503

Brownies tape Jember merupakan cemilan yang unik karena berbahan dasar tape yang diolah dengan berbagai varian rasa. Tape yang dipakai adalah tape singkong. Varian rasa brownies tape ini diantaranya tape coklat kacang, tape keju, dan tape original. Satu box dijual dengan harga 20 ribu rupiah saja. Murah ya!

Dodol Tape


dodol_tape_46
Instagram by @fa_choco

Makanan ringan khas Jember yang satu ini juga berbahan dasar tape. Harganya terjangkau dan rasanya enak sehingga bisa membuat orang ketagihan setelah mencobanya. Meskipun secara tampilan tidak beda dengan jenis dodol lainnya, namun dodol tape ini menjadi unik karena terbuat dari tape. Dodol tape dijual dengan harga bervariasi antara 25 sampai 30 ribu rupiah saja.

Tahu Hwa


tahuhwa
Instagram by @ajun.chin

Tahu hwa merupakan sajian kuliner yang terbuat dari ampas tahu dan disajikan dengan kuah jahe. Pedagang tahu hwa biasanya berjualan menggunakan motor dan berkeliling atau ngetem di depan pom bensin Ahmad Yani, Jember. Rasa tahu hwa ini sedikit pahit namun dicampur dengan kuah jahe yang hangat dan manis menjadikan kuliner yang satu ini recommended untuk dicoba.

Tape Bakar


tape_bakar
Instagram by @yn367

Tape bakar sebenarnya makanan khas Bondowoso, hanya saja karena Bondowoso dan Jember bedekatan, makanan ini juga banyak ditemui di Jember. Terbuat dari tape singkong yang dibuang tengahnya kemudian diberi isian gula merah, selai buah, atau coklat dan dibalut dengan daun pisang untuk dibakar menjadikan tape bakar ini mempunyai rasa yang unik. Tape bakar lebih nikmat disantap ketika masih hangat.

Sate CR


sate_cr_jember
Instagram by @aldhiwimandra

Sate CR adalah sate kambing dan sate ayam yang disiram dengan bumbu kacang. Kombinasi bumbu yang dicampur dalam kuah bumbu kacangnya menjadikan sate CR menjadi masakan yang difavoritkan hampir sebagian masyarakat Jember. Tingkat kematangan dagingnya juga pas sehingga teksturnya menjadi empuk dan rasanya gurih.

Lalapan Sajiku


lalapan_sajiku_jember
Instagram by @nitamrs

Pecinta kuliner pedas harus mencoba lalapan sajiku ini. Ciri khasnya ada pada sambal ekstra pedas yang disajikan dengan ayam, lele ataupun bebek berbumbu khas masakan Jember. Ditambah dengan nasi hangat serta es teh.

Lontong Kupang Jember


lontong_kupang_jember
Instagram by @feranidya

Makanan khas Jember dan resepnya bernama lontong kupang Jember ini kurang lebih sama dengan lontong kupang khas Surabaya. Sama sama terbuat dari kerang yang berukuran kecil dicampur dengan lontong dan kuah dengan bumbu yang khas. Rasanya sangat lezat. Bila kamu penasaran dengan rasanya, datang saja ke gang kecil depan Matahari Departement Store, Jember disitu ada penjual lontong kupang Jember yang cukup terkenal.

Komentar