8 MAKANAN KHAS BELANDA

1. Keju Edam



Nah makanan khas Belanda kali ini adalah keju edam. Belanda merupakan salah satu negara dari Eropa yang menghasilkan keju terbaik di dunia. Keju Edam merupakan makanan khas Belanda yang terkenal sangat lezat dan enak dibandingkan dengan keju lainnya. Makanan khas Belanda yang satu ini juga terkenal akan kandungan kalsiumnya yang tinggi sehingga digemari oleh semua orang.


Keju edam terbuat darisusu sapi. Makanan khas Belanda ini memiliki lapisan parafin merah yang merupakan keju lainnya yang diekspor dari negara lain. Makanan khas Belanda ini memiliki teksturyang sangat lembut, dan rasanya sedikit lebih asin. Makanan khas Belanda ini bisa dikatakan rasanya agak mirip dengan kacang.


Dari sekian jenis keju, makanan khas Belanda ini merupakan keju yang memiliki kandungan lemak yang paling rendah dan kandunga protein sebanyak 25 persen. Biasanya warga Belanda menggunakan makanan khas Belanda ini sebagai topping kue, atau sebagai teman minum teh.


2. Waterzooi


Makanan khas Belanda selanjutnya adalah makanan yang sering di hidangkan saat musim dingin yakni Waterzooi. makanan khas Belanda ini semacam soup. Awalnya makanan ini terbuat dari ikan. Tapi sekarang ini, Waterzooi menggunakan bahan yang yang lebih mudah yaitu ayam. Bahan yang berubah ini turut merubah nama makanan khas Belanda ini menjadi kippenwaterzoi.


Makanan khas Belanda ini adalah rebusan ayam atau ikan, yang dipadukan dengan berbagai macam jenis sayuran, seperti wortel, daun bawang, kentang, dan herba. Dan dimasukan juga telur, krim dan mentega. Makanan khas Belanda ini dapat kamu nikmati dengan Baguette, yaitu semacam roti tawar khas Belanda. Makanan khas Belanda sangat cocok disantap saat masih hangat.


3. Stamppot



Salah satu makanan khas Belanda yang sangat populer hingga ke mancanegara adalah Stamppot. Makanan khas Belanda ini sering direkomendasikan kepada turis jika bertanya mengenai makanan khas negeri tersebut. Karena Stamppot memiliki rasa yang luar biasa enaknya sehingga para wisatawan tersebut enggan meninggalkan kuliner yang lezat ini.


Makanan khas Belanda ini terbuat dari kentang yang direbus dan dihancurkan ( mashed potatoes) lalu di campur dengan beberapa sayuran seperti wortel, atau sayuran hijau lainnya seperti Boerenkool. Makanan khas Belanda ini biasanya dihidangkan ketika masih panas bersama dengan sosis besar bernama Rookworst. Makanan ini biasanya disajikan saat musim dingin tiba Karena bisa menghangatan tubuh.


4. Hutspot


Hutspot merupakan salah satu makanan khas Belanda lainnya yang tidak kalah enaknya. Makanan khas Belanda ini sangat cocok bagi kamu pecinta daging, hutspot memiliki rasa yang juga sangat lezat yang dapat memajakan siapa saja yang menyantapnya. Dan kamu sahabat wajib mencoba makanan khas Belanda yang satu ini.


Makanan khas Belanda ini terbuat dari daging yang dimasak dan dipotong dadu, lalu dicampur dengan sayuran yang dihaluskan, seperti wortel, buncis, kentang dan bawang bombay. Makanan khas Belanda ini biasanya dihidangkan bersama jenever, atau yang terkenal dengan Bir. Wah pasti juga cocok dinikmati saat musim dingin tiba.


5. Sup Ercis


Selanjutnya makanan khas Belanda lainnya yang tak kalah lezat adalah Sup Ercis. Memang ya negara belanda terkenal akan masakan sup yang sangat cocok apalagi disantap saat musim dingin tiba. Makanan khas Belanda ini terbuat dari kacang ercis, itulah sebabnya disebut sup Ercis.


Makanan khas Belanda ini berwarna hijau kekuningan bahkan cenderung coklat. Makanan khas Belanda ini memiliki tekstur yang mirip dengan bubur. bahan lainnya dalam sup ercis ini seperti prei, kentang, daging sapi ataupun ayam, dan wortel. Dalam penyajiannya, Sup ini ditambah roti, sup ini juga dapat ditambah dengan kacang tanah atau kacang merah. Sebagai sentuhan terakhir, diberi perasan sedikit jeruk nipis, atau lemon.



6. Ontbijtkoek


Makanan khas Belanda berikutnya adalah Ontbijtkoek atau dalam bahasa Indonesia berarti “kue sarapan pagi”. Makanan khas Belanda ini terbuat dari gandum, semacam kue bolu, namun bahannya yang menjadi kunci pembedanya. Kue ini sering dibumbui dengan cengkih, kayu manis, jahe dan pala. Ontbijtkoek lebih sering disajikan sebagai makanan kudapan saat perjamuan minum teh khas Belanda.


Di daerah Belanda bagian Utara, makanan ini di sebut Oudewijvenkoek. Bahannya hampir sama dengan Ontbijtkoek,hanya di tambah dengan adas manis. Ontbijtkoek awalnya sering disajikan sebagai pengganti roti saat sarapan. Makanan khas Belanda ini jauh lebih enak jika diolesi mentega lebih banyak.


7. Boerenkoolstamppot


Boerenkoolstamppot, Inilah makanan khas Belanda yang lezat dengan penyajian yang lebih simple. Makanan khas Belandaini merupakan salah satu hidangan Belanda tertua dan yang paling populer.Makanan khas Belanda ini sejak tahun 1661 sudah mulai dikenal masyarakat seantero Belanda. Boerenkoolstamppot sangat enak jika disajikan dengan saus, mustar, dan sosis Rookworst.


Makanan khas Belanda ini terbuat dari kubis khas Belanda yang disebut Kale, lalu dicampur dengan kentang yang ditumbuk. Makanan khas Belanda ini begitu populer karena kentang merupakan bahan populer yang sering digunakan masyarakat Belanda.  karena itu, Boerenkoolstamppot mengandung banyak karbohidrat, sehingga makanan ini populer di musim dingin.



8. Herring


Makanan khas Belanda ini sudah ada sejak 6 abad yang lalu yakni Herring. Makanan khas Belanda adalah sashimi ala Belanda. Herring Sering ditemui saat musim panas, karena disaat seperti itulah ikan Herring boleh ditangkap. Makanan khas Belanda ini menjadi salah satu makanan favorit di musim panas yang terasa enak dan segar saat dimulut.


Cara penyajian makanan khas Belanda ini, ikan dibersihkan dan dipotong bagian kepalanya kemudian dibekukan selama 24 jam. Makanan khas Belanda ini memiliki tekstur sangat lembut, terasa asin, namun sangat segar. Dalam penyajian makanan khas Belanda ini, kamu dapat memakannya secara langsung, ataupun dengan cara dibuat seperti sandwich.

Komentar